Cara Membersihkan Sofa dengan Baking Soda

Cara Mudah Membersihkan Sofa dengan Baking Soda

Baking soda atau sering disebut sebagai soda kue tak hanya bermanfaat pada dunia masak-memasak terutama saat membuat kue-kuean. Baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan perabot rumah dari noda membandel. Dengan racikan dan cara yang tepat akan membuat baking soda akanlebih berguna lagi untuk kehidupan Anda.
Baking soda memiliki nama lain yaitu soda bikarbonat atau natrium bikarbonat. Bahan ini merupakan bubuk putih yang memiliki sifat basa. Jika sifat asam merupakan sifat yang korosif atau mengikis. Sifat ini akan berakibat merusak benda yang yang dikenai. Sementara itu sifat basa merupakan sifat yang berfungsi untuk menetralkan asam. Sifat basa ini juga dapat ditemui di sabun. Oleh sebab itu baking soda yang memiliki sifat basa ini dapat digunakan untuk membersihkan noda.
Baking soda dapat digunakan membersihkan noda di berbagai perabot dan benda seperti piring, oven atau microwave. Sifat basanya ini akan sangat berguna dalam hal kebersihan. Bukan hanya alat-alat dapur saja tetapi baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan beragam perabot rumah tangga. Salah satu dari perabot tersebut ialah sofa. Baking soda akan membantu membersihkan sewa sofa jakarta selatan dari beragam noda dan menjaga agar sofa tidak berbau apek.
Seperti yang kita tahu, sofa yang merupakan tempat duduk yang dimiliki hampir seluruh rumah. Sofa sebagai tempat duduk memiliki risiko lebih tinggi untuk mendapatkan beragam noda. Hal ini disebabkan karena sofa bersentuhan langsung dengan aktivitas pemiliknya. Aktivitas seperti duduk sambil makan atau minum, atau sekadar merebahkan diri beristirahat setelah beraktivitas. Akibat aktivitas tersebut, terkadang secara sadar atau tidak, akan menimbulkan noda.
Selain itu, intensitas penggunaan atau pemakaian sofa juga lebih tinggi dibandingkan perabot lainnya. Intensitas yang tinggi ini membuat sofa butuh perawatan yang baik agar awet. Rangkaian perawatan sofa juga termasuk pada cara membersihkannya yang baiak dan benar. Dengan menggunakan baking soda, Anda bisa membersihkan sekaligus merawat sofa. Berikut beberapa langkah cara membersihkan sofa dengan baking soda:

  1. Siapkan Alat dan Bahan

Untuk membersihkan noda dari sofa, Anda perlu menyiapkan baking soda sebagai bahan utama tentunya. Baking soda ini dapat Anda temukan di toko terdekat. Namun untuk pastinya, Anda bisa membelinya di toko roti. Selain itu, pastikan yang Anda beli ialah baking soda, bukan baking powder. Hal ini dikarenakan dua bahan tersebut berbeda meski beberapa orang berpikir bahwa keduanya merupakan jenis zat yang sama. Perbedaannya ada di sifat kandungan bahan tersebut. Baking soda bersifat basa, sedangkan baking powder bersifat asam.
Selain baking soda sebagai bahan dasar untuk membersihkan sofa, ada baiknya Anda juga menyiapkan bahan tambahan seperti cuka dan kain microfiber. Cuka ini akan membantu mempermudah pekerjaan Anda karena cuka akan melenyapkan noda-noda membandel di sewa sofa jakarta Anda.
Selanjutnya Anda juga perlu menyiapkan vacuum cleaner. Vacuum cleaner ini akan berguna di akhir nanti. Karena sebagaimana kita tahu bahwa sofa merupakan salah satu furnitur yang berbahan dasar kain atau bahan lainnya yang berpori-pori. Untuk itu, diperlukan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran yang masuk ke pori-pori sofa.

  1. Pembersihan Tahap 1

Sebelum benar-benar mengaplikasikan cara membersihkan sofa dengan baking soda, ada baiknya Anda membersihkan sofa dari debu dan kotoran lainnya yang menempel di sofa terlebih dahulu. Pembersihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan dengan cara biasa, yaitu dengan kemoceng atau kain lap dan air atau menggunakan vacuum cleaner. Pembersihan awal ini dapat dikatakan sebagai pembersihan tahap 1. Tujuan dari pembersihan awal alias pembersihan tahap 1 ini ialah untuk memaksimalkan bersihnya sofa atau agar sofa jadi benar-benar bersih dan tidak menyisakan bau apek.

  1. Pembersihan Tahap 2

Pada pembersihan tahap 2 ini, Anda dapat menggunakan cuka dan kain microfiber. Pembersihan tahap 2 ini hanya ditujukan pada bagian-bagian tertentu dari sofa yang bernoda. Caranya yaitu dengan menuangkan cuka sedikit-sedikit pada bagian sofa yang bernoda saja. Cara lain jika Anda takut terjadi reaksi beruba perubahan warna pada sofa, maka Anda dapat melakukannya dengan cara membasahi kain microfiber dengan cuka terlebih dahulu. Baru kemudian gosokkan kain basah tersebut pada bagian sofa yang bernoda. Karena aroma yang dihasilkan cuka akan menjadi asam dan mengganggu indera penciuman, maka diperlukan baking soda untuk pembersihan di tahap selanjutnya.

  1. Pembersihan Tahap 3

Tahap ke 3 ini, Anda hanya perlu menaburkan baking soda ke sofa Anda. Taburkan baking soda secara merata dan tipis saja di permukaan sofa. Lalu diamkan selama 5 menit untuk melihat reaksi yang terjadi. Jika warna sofa Anda mengalami perubahan, maka segera bersihkan baking soda dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun jika tidak terjadi perubahan warna, maka lanjut diamkan baking soda tersebut hingga 15 menit. Setelah 15 menit, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sofa.
Kain sofa terkadang cenderung sensitif pada bahan-bahan yang juga keras, meski baking soda tergolong bahan basa yang cenderung lebih lembut dalam membersihkan. Cara lain untuk mengantisipasi perubahan warna pada kain sofa ialah dengan mencoba penggunaan baking soda pada potongan kain lain atau sisi tertentu dari sofa terlebih dahulu. Ini berguna untuk mengecek efek dari baking soda pada warna kain. Jangan sampai sofa Anda berubah warnanya, entah itu secara keseluruhan maupun hanya sebagian saja.

  1. Keringkan Sofa

Tahap terakhir untuk melengkapi cara membersihkan sofa dengan baking soda, Anda perlu mengeringkan sofa. Pengeringan ini dapat dilakukan secara alami maupun dengan bantuan beberapa alat. Pengeringan alami mungkin akan memakan waktu cukup lama. Jadi Anda bisa membantu dengan membuka akses udara seperti jendela atau pintu agar sofa lebih cepat kering. Cara lainnya ialah dengan memanfaatkan kipas angin atau hairdryer agar sofa lebih cepat kering. Hal ini penting karena sofa yang tidak kering sempurna akan menimbulkan bau apek yang akan mengganggu siapa saja yang mendudukinya. Sofa yang sudah kering bisa Anda gunakan lagi dan kini sofa Anda sudah bebas dari berbagai kotoran dan debu.
Beberapa langkah-langkah di atas dapat Anda manfaatkan untuk menjaga sofa Anda. Dengan sofa yang terjaga dan terawat, maka keawetannya akan terjaga hingga jangka waktu lama. Pengaplikasian dari cara membersihkan sofa dengan baking soda secara teratur tentu akan menjaga keterawatan sofa. Sofa yang bersih akan membuat pemilik dan pengguna jadi lebih nyaman untuk mendudukinya. Selain itu, sofa yang bersih juga akan nyaman untuk dilihat juga.
Cara penggunaan yang mudah dan bahan serta alat yang mudah untuk diperoleh dapat menjadi alasan tambahan untuk mencoba cara ini. Jadi tunggu apalagi? Aplikasikan cara membersihkan sofa dengan baking soda pada sewa sofa bekasi di rumah Anda untuk sofa yang bersih dan tetap awet.

WWW.HARGA-SOFA.COM ©